KOTA BOGOR – Sat Samapta Polresta Bogor Kota Polda Jabar bergabung bersama TNI, Tagana, Paksel, Sarti, Bakoma, DLH, SRT, BNPB, SAR, PMI, MRI dan Polmas melakukan bersih-bersih Sungai Ciliwung di Kebun Raya Bogor (KRB), Sabtu 25 Februari 2023.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso menjelaskan, aksi bersih-bersih tersebut dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

“Ini kegiatan yang luar biasa, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya terkait pengelolaan sampah di sekitar kita,” ucap Kombes Bismo dalam keterangannya, Sabtu (25/2/2023).

Menurutnya, bersih-bersih Sungai Ciliwung di KRB sekaligus untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Pasalnya sampah-sampah yang dominasi dari limbah masyarakat, selain mengganggu pemandangan dan mencemari lingkungan, juga berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar.

Terlebih sampah seperti plastik-plastik bekas air mineral atau styrofoam jika tidak segera dibersihkan, penguraiannya akan sangat lama.

“Perubahan itu tidak menunggu nanti, tapi dari sekarang. Yang bisa kita lakukan adalah kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya,” tutup Kombes Bismo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *