Tombol SPC ini merupakan pengembangan fitur dalam aplikasi TRUST, yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk kondisi kejadian yang membutuhkan penanganan cepat kepolisian.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyampaikan inovasi ini dalam catatannya merupakan yang ke 69 yang digulirkan Polresta Bogor Kota.

Inovasi yang diluncurkan ini, imbuh Susatyo, bisa dikatakan merupakan inovasi pamungkas yang diprakarsainya selama menjabat sebagai Kapolresta Bogor Kota.

“Pada kesempatan ini kami ingin mempersembahkan sebuah inovasi kami kembali, kalau saya catat ini sudah ke 69. Ini juga mungkin menjadi akhir inovasi saya selama di Kota Bogor, karena tadi sore, Alhamdulillah saya mungkin tidak lama lagi pindah tugas, dan tentunya semua karya saya ini adalah persembahan kami semua 1.050 anggota,” kata Susatyo saat peluncuran di Mako Polresta Bogor, Sabtu (24/12/2022) malam.

Polresta Bogor Kota, lanjutnya, terus berupaya meningkatkan pelayanan publik agar dapat merespon lebih cepat semua laporan masyarakat. Karenanya, ia merasa perlu untuk membuat sistem panic button atau tombol SPC.

“Pada prinsipnya kami terus memperbaharui wajah Polresta Bogor Kota. Dan Alhamdulillah selama dua tahun kemarin menjadi kebanggaan warga Kota Bogor, penghargaan dari Ombudsman, Kemenpan, bahkan kemarin 10 Polres terbaik di Indonesia dari Kompolnas,” ungkapnya.

Kapolresta mengatakan, penamaan tombol SPC dipilih sesuai dengan motto Polresta Bogor Kota, yakni menolong sebagai hobi. “Kami di sini punya motto menjadikan menolong sebagai hobi, sehingga ini kami pilih namanya tombol sistem pertolongan cepat,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Satlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria menjelaskan, tombol SPC merupakan salah satu fitur unggulan aplikasi TRUST yang diprakarsai oleh Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Tombol SPC ini terhubung dengan command center Polresta Bogor Kota. Fitur tombol tersebut saat ditekan akan membunyikan alarm di command center.

Petugas yang ada di command center kemudian akan meneruskan petugas di radius terdekat berikut dengan titik koordinat penggunanya.

“Ini (tombol SPC) merupakan upaya kami agar petugas cepat tanggap, cepat ke lokasi kejadian. Sejauh ini baru objek vital tertentu, seperti rumah dinas wali kota, bank ataupun pusat perbelanjaan,” imbuh Galih.

Ia berharap pihaknya dapat terus menyempurnakan fitur pelayanan ini hingga menjangkau seluruh wilayah di enam Polsek. “Dan fitur ini sekalipun tidak ada wifi, tombol SPC ini masih bisa digunakan,” tandasnya

06EFB6B1-F346-41C6-8879-3ACA883923D8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *