Polresta Bogor Kota – Kegiatan Apel Besar Tiga Pilar yang dilaksanakan di Batu Nunggal Bandung Jawa Barat pada hari ini Kamis 02 November 2017, yang dihadiri oleh Bhabinkamtibmas se Polda Jawa Barat. Dalam kegiatan tersebut terdapat sebuah moment yang tidak dapat dilupakan oleh seorang Bhabinkamtibmas Kel.Bubulak Bripka Didi Sunardi, pasalnya Bripka Didi Sunardi mendapatkan Piagam penghargaan dari Kapolda Jawa Barat.

Penghargaan yang diberikan merupakan hasil Bripka Didi Sunardi yang awalnya penyelesaian permasalahan antara Rumah Pemotongan Hewan dan warga sekitar yang secara kebetulan berada di wilayah kelurahan binaannya.Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang terletak disalah satu sudut di Kota Bogor,tepatnya di Bubulak Kota Bogor, sebelumnya menimbulkan Pro kontra di lingkungan sekitar karena menimbulkan bau yang tidak sedap yang berasal dari kotoran hewan yang  dapat menyebabkan adanya pencemaran lingkungan.
 
 

Bripka Didi Sunardi yang meminta masukan akan masalah yang dihadapinya di lingkungan Kelurahan Binaannya, mengajak Ipda Rahmat Gumilar Paur Subbag Humas Polresta Bogor Kota meninjau RPH tersebut. Hasilnya Ipda Rahmat Gumilar  memiliki ide yang sangat brilian, yakni membuat Formula untuk  menghilangkan bau tersebut, hasilnya Formula tersebut berhasil menghilangkan bau yang disebabkan oleh Kotoran hewan yang berasal dari RPH tersebut, dan bisa dijadikan pupuk seperti pupuk cair, padat dan ternak.

pembinaan dan himbauan terhadap warga sekitar dan pihak RPH oleh Ipda Rahmat Gumilar dan Bripka Didi Sunardi

 
 
Formula yang berhasil diciptakan ini mendapat respon positif dari Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya.S.I.K.M.H, selanjutnya Kapolresta Bogor Kota akan menyusun dan membuat program Polisi dan Masyarakat cinta pertanian, melalui formula tersebut karena tidak menimbulkan bau dan tidak akan ada pencemaran lingkungan yang bisa menimbulkan penyakit, formula tersebut aman digunakan khususnya untuk bercocok tanam. dan Kelompok Tani ini sudah mendapatkan SK dari Kelurahan setempat serta di kukuhkan oleh Dinas Pertanian Kota Bogor.
hasil limbah RPH yang dicampur dengan Formula yang menghasilkan Pupuk

 
Bripka Didi Sunardi mengatakan “piagam penghargaan ini merupakan hasil pencapaian yang luar biasa bagi saya, saya sendiri tidak menyangka bisa mendapatkan piagam penghargaan dari Kapolda Jabar, terima kasih kepada Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya S.I.K.M.H dan semua pihak yang telah mendukung.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *