COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Hotel_du_Chemin_de_Fer_Buitenzorg_TMnr_60043613

Foto: Hotel du Chemin Fer tahun 1857-1880, Dok. Tropenmuseum of the Royal Tropical Institute

Polres Bogor Kota – Sebagai salah satu daerah bekas jajahan Kolonial Belanda, Kota Bogor yang dahulu bernama Buitenzorg sudah pasti memiliki banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang sampai saat ini masih banyak tersisa.
Contoh peninggalan sejarah Kolonial Belanda salah satunya dapat kita lihat pada bangunan maupun infrastruktur yang ada disebagian wilayah di Kota Bogor seperti rumah sakit, perkantoran dan gedung sekolah, sarana pertahanan dan kompleks militer, jembatan, jalan dan trotoar.
Menurut catatan ada sekitar 680 buah bangunan bekas Kolonial Belanda yang sampai saat ini masih berdiri, hal tersebut menjadi hal yang wajar karena Kota Bogor (Buitenzorg) dahulunya merupakan Kota Peristirahatan yang berudara sejuk, sehingga banyak petinggi-petinggi Pemerintah Kolonial Belanda yang tinggal lama dan mendirikan bangunan disini.
 
polwil

Foto: Kantor Polwil Bogor sebelum di likuidasi pada tahun 2010

Dari 680 buah bangunan bekas Kolonial Belanda salah satunya adalah Kantor Polres Bogor Kota (dahulu Polwil Bogor) yang berada di Jalan Kapten Muslihat No. 18-21 Kota Bogor. Menurut sejarah, Kantor Polisi tersebut dahulunya merupakan sebuah Hotel bernama Hotel du Chemin Fer milik The Netherlandsch-Indische Escompto Maatschapppij yang merupakan salah satu bank dagang yang beroperasi diera Penjajahan Belanda.
Hotel du Chemin Fer sendiri merupakan salah satu dari 3 hotel terkenal yang ada di Kota Bogor pada era Kolonial. Hotel yang lokasinya sangat strategis karena dekat dengan Stasiun Bogor ini dahulunya banyak menjadi referensi banyak pelancong dan wisatawan asal eropa yang berkunjung ke Buitenzorg, dari bagian depan dahulu para wisatawan yang menginap di hotel ini dapat melihat indahnya Taman Wilhelmina (Taman Topi) yang tertata rapi dan rimbunnya pepohonan yang membentuk seperti lorong disepanjang jalan Stationweg (Jl. Nyi Raja Permas).12573055_1009724435754185_849301049867937789_n

Foto: Stasionweg yang kini jadi Jalan Nyi Raja Permas Kota Bogor

Kini Hotel du Chemin Fer sudah beralih fungsi menjadi Kantor Polisi. Sejak Polwil Bogor di likuidasi pada tahun 2010, bangunan tersebut kini menjadi aset milik Polres Bogor Kota. Dari segi bangunan tidak banyak yang berubah, hanya ada beberapa titik yang mengalami perbaikan dan halaman yang menjadi sempit karena sebagian digunakan Jalan Raya. Selain itu juga ada perubahan fungsi yang dapat kita lihat pada sisi gedung sebelah kanan yang kini menjadi Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jawa Barat.
Karena sudah beralih fungsi menjadi Kantor Polisi, sehingga fungsi Hotel du Chemin Fer kini tidak bisa lagi dipakai sebagai penginapan untuk wisatawan. Jadi jika anda ingin menginap, mungkin anda akan ditempatkan diruang tahanan oleh Polisi. (Fauzi)

sumber: Bogor Tempo Doeloe dan dokumentasi sejarah Polwil Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *