Bogor Kota – Rubuan kendaraan diputarbalikkan saat penerapan sistem ganjil-genap di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat. Jumlah tersebut menurun dibandingan akhir pekan sebelumnya.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria mengatakan, jumlah kendaraan yang diputarbalikkan itu terdiri atas 5.128 kendaraan roda dua dan 2.503 kendaraan roda empat. Terhitung mulai pukul 09.00 WIB-11.30 WIB dari enam titik check point.

“Paling banyak yang diputar balik roda dua,” kata Kompol Galih, Minggu (20/2/2022).

Ia menambahkan, jumlah tersebut menurun dibandingkan akhir pekan sebelumnya. Sebelumnya, petugas biasanya memutar balik lebih dari 10.000 kendaraan.

“Ada penurunan yang cukup drastis sejak Sabtu kendaraan yang masuk Kota Bogor khususnya Jalan Pajajaran dan Sistem Satu Arah (SSA),” ujarnya.

Penurunan volume kendaraan ini kemungkinan disebabkan beberapa faktor, yaitu mungkin lantaran meningkatknya kasus Covid-19 dan kesadaran masyarakat terkait aturan ganjil-genap.

“Masyarakat sudah paham dan mengerti ganjil-genap selain dilakukan di Bogor Kota juga di kabupaten. Sehingga pembatasan kendaraan terjadi. Artinya masyarakat sudah paham atas program pencanangan Bapak Kapolresta yaitu ganjil-genap,” ucapnya.

Ia berharap, pemberlakukan ganjil genap setiap akhir pekan ini dapat memberikan dampak positif dengan menurunnya kasus Covid-19. Itu karena pada dasarnya ganjil-genap adalah untuk mengurangi mobilitas.

“Ini gerakan disiplin menahan satu hari tidak keluar rumah. Semoga ini kontinyu terus dilaksanakan dan memberikan efek kesehatan,” pungkasnya

IMG-20220220-WA0012
IMG-20220220-WA0013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *