Humas Polresta Bogor Kota-Jajaran Polresta Bogor Kota dalam rangka Operasi Mantap Praja 2018 sudah melaksanakan serangkaian tahapan dalam proses Pemilihan Walikota Bogor dan Wakil untuk Periode 2018 sampei dengan 2022, dari rangkaian Operasi Mantap Praja ini jajaran Polresta Bogor Kota mengadakan Seleksi terhadap personil Polresta Bogor Kota yang di ambil dari beberapa fungsi untuk di latih dan menjadikan team khusus pengawal pribadi bagi masing masing Balon Walikota Bogor.                                ( Sabtu, 26/01/18 )
Program pelatihan ini bagian dari pada kebutuhan organisasi dalam pilkada Kota Bogor yang mana masing Balon ( Bakal Calon ) Walikota Bogor dan Wakil, harus di kawal oleh pihak Kepolisian yang terlatih dan mahir dalam mengemudikan kendaraan untuk mengawal maupun mengamankan Balon Walikota Bogor dan Wakil selama proses kampanye, pemilihan hingga proses pelantikan yang di kawal, termasuk kemahiran dalam beladiri serta penggunaan senjata api dan membaca situasi (Intelejen).

Seleksi terhadap Calon walpri ( pengawal pribadi ) sebanyak 32 orng personil gabungan yang di ambil dari bebagai fungsi. Sedangkan team seleksi dipimpin langsung oleh Kabag Sumda Polresta Bogor Kota Kompol Syahroni Kuswandi dengan team penguji AKP Diana Susilowati AKP Hariani AKP Ilot Djuanda AKP Herman J AKP Komarudin, materi yang sudah di uji adalah sebagai berikut :
1. Parade, dinilai dari sikap tampang keisapan dan kesiagaan personil perseorangan dilaksanakan di Aula Praja Gupta.
2 Test Drive adalah pengetahuan cara mengumudi, mengawal dan mengamankan Balon Walikota dan Wakil Walikota.
3. Test Kesehatan adalah upaya panitia untuk mengetahui kesehatan para Calon Walpri, agar pada saat pelaksanaanya Walpri ini bisa bekerja Optimal.
4. Litsus adalah penelitian khusus yang di uji oleh bidang Propam untuk mengetahui karakter, mental dan kepribadian Calon Walpri, agar pelaksanaanya bekerja dengan baik siap dan siaga pada saat pelaksanaannya
5. Test Keahlian adalah upaya panitia untuk mengetahuii kemampuan perorangan baik bela diri pemakaiian senjata api maupun tekhnik pengamanan dan pengawalan.
Dalam kesempatan ini Kompol Syahroni Kuswandi menjelaskan “ bahwa kegiatan seleksi calon Walpri adalah bagian kebutuhan organisasi dalam rangka mensukseskan Pilkada serentak 2018 di Kota Bogor, jajaran Polresta Bogor Kota bertanggung jawab atas keamanan, ketertiban dan gangguan keamanan diwilayah Kota Bogor khususnya dalam rangka Operasi Mantap Praja 2018, sedangkan di adakannya seleksi terhadap calon Walpri yaitu untuk memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan serta keselamatan para Balon yang akan mengikuti pemilihan Walikota dan Wakil Kota Bogor “ ujarnya.
Lanjut Kompol Syahroni “ bahwa seleksi terhadap petugas Walpri agar mengetahui terhadap tugas dan fungsi tanggung jawab selama melaksanakan tugas pengawalan pengamanan Balon Walikota Bogor dan Wakil “ tandasnya.
By RG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *