Bogor Kota – Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menerima penghargaan Bakti Koperasi sebagai tokoh inspiratif dengan dedikasi dan dukungannya terhadap pemberdayaan koperasi dalam program Marbot Mart. Program tersebut diniliai sangat membantu masyarakat memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam acara Tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-75 Tahun 2022 Tingkat Kota Bogor di Kampus UIKA Kota Bogor, Kecamatan Tanah Sereal pada Kamis 28 Juli 2022.

Dalam program tersebut, Polresta Bogor Kota telah berhasil mewujudkan sebanyak 45 gerai Marbot Mart. Jumlah itu tersebar di 45 masjid jami di Kota Bogor melalui program Polisi Sahabat Marbot.

Dalam sambutannya, Bima Arya mengatakan adaptasi, edukasi, kolaborasi, transparansi dan ekspansi menjadi lima agenda besar yang perlu dilaksanakan agar koperasi terus berjalan konsisten sesuai dengan semangat Bung Hatta, Bapak Koperasi Indonesia dan sesuai dengan perkembangan zaman.

“Tantangan koperasi saat ini adalah kembali ke jati diri. Koperasi bukan korporasi, koperasi itu membantu yang lemah bukan membantu yang kuat, koperasi itu bersama bukan bersaing, koperasi membantu yang buntung bukan mencari untung,” kata Bima Arya.

Selama masa pandemi Covid-19, kata dia, yang mampu bertahan adalah yang mampu melaksanakan penyesuaian atau adaptasi masuk ke marketplace dengan digitalisasi. Edukasi juga menjadi hal penting untuk menjaga semangat atau nilai dari koperasi sebab dalam prosesnya harus berkolaborasi.

“Salah satunya yang dicontohkan Pak Kapolresta, Marbot Mart itu kolaborasi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, acara ini turut dihadiri Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor Ganjar Gunawan, Dinas Koperasi Provinsi Jawa Barat, Ketua Dekopin Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dan lainnya.

Dengan tema Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan dengan hastag #Ayoberkoperasi, beberapa kegiatan dalam rangka memeriahkannya telah dilaksanakan baik oleh instansi pemerintah terkait maupun pihak terkait lainnya.

Diantaranya penilaian koperasi berkualitas 917 koperasi di Kota Bogor yang menghasilkan 4 koperasi berkualitas, yaitu KPRI Beriman, Koperasi Jamaah Al Fallah dan Koperasi Pengayoman Lapas Bogor termasuk Polresta Bogor Kota.

WhatsApp Image 2022-07-28 at 10.55.26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *