0cabca7b-3294-4dca-8fdb-f2233b6c674d

Polres Bogor Kota – Pada hari Selasa tanggal 2 agustus 2016 dimulai pukul 09.00 bertempat di Hotel Sahira jalan Ahmad Yani kota bogor telah diselenggarakan Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka Pembentukan dan Pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing ( TIMPORA ) Tingkat Kecamatan Kota dan Kabupaten Bogor tahun 2016.

Kegiatan ini merupakan implementasi Pasal 62, Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dimana pengawasan keimigrasian meliputi pengawasan terhadap Warga Negara Indonesia dan pengawasan terhadap Warga Asing, Pengawasan terhadap Warga Negara asing meliputi pengawasan lalu lintas orang asing yang masuk atau keluar wilayah Indonesia, serta pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia.

9ba38a07-e689-4604-89cd-842df2f913b3 ce24831e-3b52-47f4-96a5-849805b7898b

Seperti yang diketahui bersama bahwa Kehadiran orang maupun investasi asing, memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah, namun  dampak negatifnya juga harus diwaspadai untuk itu, kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) di Kota/Kabupaten Bogor sebagai wadah Saling Tukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing di Kota/Kab. bogor merupakan hal penting, sehingga kewaspadaan dan pengawasan yang tidak berlebihan serta memicu terganggunya kenyamanan dan kelancaran aktivitas orang asing dapat dilakukan.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kantor Imigrasi Klas 1 Bogor ini diikuti oleh jajaran Pemkot dan Pemda Bogor, DPRD Kota dan Kab. Bogor,Para Camat, Kapolsek, Danramil Kota dan Kab. Bogor, Polres Bogor Kota sendiri pada kesempatan tersebut diwakili oleh Wakapolres dan 6 (enam) Kapolsek Jajaran.

Diakhir acara Wakapolres Bogor Kota beserta Stakeholder lainnya melakukan penandatanganan naskah kerjasama, penyerahan topi lapangan dan sertifikat kerjasama kepada para pimpian lembaga terkait pelaksanaan kerjasama pengawasan Orang Asing tersebut. (alx)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *