Polres Bogor Kota – Dalam mematangkan pengamanan uji coba Sistem Satu Arah dilingkar Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor, pada hari Rabu (30/3/2016) Polres Bogor Kota melakukan rapat internal di Aula Mapolres Bogor Kota Jl. KS. Tubun No 21 Kota Bogor.

Kegiatan rapat yang diikuti Kapolsek Jajaran dan para Kepala Unit (Kanit) Lantas dan Sabhara Polsek Jajaran Polres Bogor Kota tersebut membahas kembali tentang titik-titik pengamanan dan juga melakukan perkiraan mengenai kerawanan-kerawanan yang akan terjadi.

Untuk menentukan titik floating personel dan juga memetakan kerawanan yang ada disetiap titik tersebut, Polres Bogor Kota menggunakan sebuah peta berukuran 2 x 2 meter yang diatasnya ditaruh mobil dan sejumlah patung sebagai bahan simulasi yang biasa disebut Tactical Floor Game.

Wakapolres Bogor Kota Kompol Satya Widhy .W S.I.K mengatakan bahwa Tactical Floor Game sangat efektif digunakan dalam memetakan kerawanan disejumlah titik dalam penerapan SSA nanti.

“Dari simulasi yang ditampilkan dalam Tactical Floor Game, kita bisa lihat titik-titik mana saja yang perlu dan tidak perlu diisi anggota sesuai kerawanannya.” Kata Wakapolres.

Ia mengatakan bahwa Tactical Floor Game ini sudah sering digunakan terutama dikalangan militer dalam melakukan pemetaan suatu wilayah.

“Kalau kita lihat film Pearl Harbour, Jepang menyusun strategi sebelum menyerang pangkalan Amerika tersebut dengan menggunakan Tactical Floor Game” ujar Wakapolres.

Diketahui, mulai tanggal 1 April 2016 tepat pukul 00:00 WIB Pemerintah Kota Bogor bersama Polres Bogor Kota dan unsur TNI akan melakukan uji coba penerapan Sistem Satu Arah dilingkar Istana Bogor – Kebun Raya Bogor selama 4 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *